Wednesday, August 3, 2016

Apa itu Gladi Bumi ?

Ketika menjadi mahasiswa baru tentu yang bakalan ada dalam pikiran kita adalah Ospek. Ya ospek merupakan sarana untuk memperkenalkan mahasiswa baru mengenai apa-apa saja yang ada di kampus tersebut. Tujuan diadakannya ospek sebenarnya baik, namun mungkin selama ini ada beberapa orang yang memanfaatkan masa-masa ospek untuk hal - hal yang kurang terpuji. Sehingga kerap terdengar bahwa ospek diidentikan dengan perpeloncoan. meskipun dalam kenyataannya tidak sepenuhnya benar.

Sekedar sharing saja bahwa di lingkungan STTNAS, Ospek ada dua Jenis, pertama Ospek dari pihak kampus dan yang kedua dari Jurusan / Himpunan masing - masing. Untuk ospek yang dari pihak kampus, biasanya dilakukan di awal - awal sebelum jadwal kuliah dimulai (Sekitaran akhir Agustus / awal bulan September). sedangkan untuk pihak himpunan (Teknik Geologi) biasanya saat liburan UTS (Oktober-an). Sedangkan untuk jurusan lain sepertinya berbeda jadwalnya.

Ospek untuk jurusan Teknik geologi STTNAS biasa disebut GLADI BUMI. FYI, Gladi Bumi adalah salah satu acara penting sebelum kamu masuk kedalam Himpunan, karena memang untuk menjadi bagian dari Himpunan mahasiswa teknik geologi STTNAS ini itulah syarat mutlaknya. Oh iya, nama untuk HMTG di STTNAS ialah "BUMI". 

HMTG "BUMI" sendiri adalah organisasi jurusan yang menghimpun mahasiswa Teknik Geologi di STTNAS. Dimana di dalam organisasi inilah nantinya teman - teman bisa belajar banyak dalam berorganisasi serta mengembangkan kemampuan sesuai dengan bakat dan keahlian yang ingin / sudah dimiliki. Jikalau sudah mengikuti Gladi bumi dan dinyatakan lulus nanti teman-teman akan mendapatkan JABIG (jaket biru geologi) dan kalian mendapat sebutan JABIGER (Sebutan untuk anggota HMTG ''BUMI"). 

Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan ini selain untuk menghimpun anggota baru, disini pihak Himpunan ingin memperkenalkan akan gambaran mengenai dunia geologi lapangan secara umum. Sehingga teman-teman nanti tidak heran/kaget jikalau sudah menjadi orang geologi. Sebab sudah mengerti apa yang akan dilalui jika memilih jalan di bidang geologi. Dalam acara ini nanti teman-teman juga akan mendapatkan materi pembelajaran semacam kuliah lapangan sederhana oleh beberapa dosen perwakilan. Dan yang terpenting diharapkan dengan adanya acara ini bahwa semua anggota baru bisa selayaknya saudara, Satu hati dan seperjuangan. Agar kelak menjadi motor penggerak ilmu geologi pada umumnya dan himpunan Pada khususnya dalam kepengurusan selanjutnya.

Untuk Gladi Bumi biasanya dilakukan di daerah Parangtritis Selama 2,5 hari. gambaran acara ialah nanti teman-teman akan melakukan semacam foot trip lapangan yang akan didampingi oleh teman-teman Jabiger yang sudah berpengalaman sebagai pendamping dan pemandu jalan selama 2 hari (Nanti akan diberikan peta panduan perjalanannya). Nanti akan melewati berbagai keadaan geologi dan disana bisa melihat keadaan geologinya. Dan garis finisnya adalah di daerah parangtritis sebelah timur untuk mengambil JABIG. Setelah itu teman-teman resmi menjadi anggota HMTG"BUMI" dan kemudian 0,5 harinya teman - teman tinggal persiapan untuk pulang saja dan bisa menikmati suasana parangtritis. 

Itulah sedikit bocoran untuk kegiatan ini, banyak hal-hal yang luar biasa akan teman-teman dapatkan selama kegiatan ini. yang terpenting lakukanlah semua rangkaiannya dengan gembira dan pikiran terbuka. Kamu akan paham hal ini setelah lulus melewatinya. Dan bagi saya sendiri, tentu inilah salah satu moment dalam hidup yang susah terlupakan. Semoga teman-teman bisa mengambil manfaat dari sedikit cerita dari tulisan ini. terima kasih dan selamat bergabung di himpunan kita.
Kalo ingin informasi selanjutnya bisa lihat di FB himpunan : Official Facebook HMTG"BUMI"

No comments:

Post a Comment